Karya Tulis Ilmiah



PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI KLASIFIKASI DAN KODEFIKASI PENYAKIT DAN MASALAH TERKAIT KESEHATAN SERTA TINDAKAN BERBASIS ANDROID

Prodi : DIII PEREKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN
Pengarang : NUR HASTI PURWANI
Dosen Pembimbing : Pratiwi, BSc., S.Pd., M.Biomed
Klasifikasi/Subjek : , Game, KKPMT, Android
Penerbitan : , Malang: 2017.
Bahasa : Indonesia
PENYIMPANAN
Lokasi : ---
Jumlah : 0

Abstraksi

Nur Hasti Purwani “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Klasifikasi dan Kodefikasi Penyakit dan Masalah Terkait Kesehatan Serta Tindakan Berbasis Android”, pembimbing utama Pratiwi. Klasifikasi dan kodefikasi penyakit dan masalah terkait (KKPMT) merupakan salah satu kompetensi perekam medis yang tertuang dalam Kepmenkes RI No. 377 tahun 2007. Permasalahan yang ada saat ini minimnya referensi latihan dalam pembelajaran KKPMT di Prodi D-III Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang. Tujuan penelitian ini untuk merancang aplikasi game edukasi KKPMT berbasis android untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap matakuliah KKPMT. Jenis penelitian menggunakan pra eksperimen one group pre test post test dengan metode pengembangan waterfall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa aktif tingkat dua di Prodi D-III Perekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Malang dengan sampel total sampling. Hasil implementasi menunjukkan bahwa setelah pengunaan aplikasi game edukasi KKPMT dengan kode diagnosa G persentase nilai diatas KKM meningkat dari 6% menjadi 94%. Hasil uji statistik dengan paired t test menunjukkan ada perbedaan rata-rata sebesar -14967 dari rata-rata nilai sebelum yaitu 61 dan sesudah 76 dengan nilai sign 0,000 < nilai sign 0,05. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi game android membantu mahasiswa dalam memahami materi KKPMT. Kata Kunci : Game, KKPMT, Android



Lampiran